Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Konteks Islami Pada Materi Perbandingan

Auteurs

  • resty elita sari Universitas PGRI Silampari
  • Dodik Mulyono
  • Anna Fauziah

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.56335/jppn.v6i2.182

Mots-clés:

LKPD, konteks islami, perbandingan

Résumé

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti yang menghasilkan informasi bahwa di SMP Ma’arif Syifa’ul Janan belum menggunakan LKPD yang menggunakan konteks islami meskipun sekolahnya berada di dalam lingkungan pondok pesantren. Selain itu, peserta didik juga mengalami kesulitan dalam membedakan antara perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) untuk menghasilkan LKPD menggunakan konteks islami pada materi perbandingan yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial. Setelah dilakukan ke-4 tahap dari model 4D, dan mendapatkan nilai kevalidan yang diberikan oleh para validator ahli dan diperoleh total nilai sebesar 0,81 yang dapat dikategorikan sangat valid, serta nilai praktikalitas yang diberikan oleh guru dan peserta didik sebesar 84,60% sehingga LKPD ini tergolong sangat praktis. Selain itu juga dilakukan uji efek potensial untuk mengetahui tingkat efek potensial LKPD terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh nilai sebesar 88% sehingga LKPD ini tergolong sangat bagus. Dengan demikian LKPD menggunakan konteks islami ini dapat dikatakan valid, praktis, serta memiliki efek potensial

Références

Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73-79.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema : Teori dan Riset Matematika., 2(1), 39–46.

Friansyah, D. and Luthfiana, M. (2018). Desain Lembar Kerja Siswa Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berorientasi Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 83–92. Available at: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.322.

Khaeroni. (2021). Metodologi Penelitian & Pengembangan. Serang: Media Madani. 73-86

Manurung, A.A., Nasution, M.D. and Nisah, K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Melalui Strategi Belajar Small Group Work Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 8(2), 83–89. Available at: https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Rahmawati, R.D. and Bakhtiar, N. (2019). Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta dan Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 195. Available at: https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6599.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sriwijayanti, R. P., Qomariyah, R. S., & Nurma, I. F. (2020). Pengembangan Media Adobe Flash Berbasis Pakem Di Sekolah Dasar. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 92-105.

Wulandari, K. A., & Khaerunnisa, K. (2020). Pengembangan Media Papan Dart Budaya Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat Madya B1. PROSIDING SAMASTA. 84

Yupinus, L., Ichsan, I., & Ardiawan, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman Kelas IX. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 61-72

Zanthy, L.S. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Stkip Siliwangi Bandung, Teorema, 1(1), 47. Available at: https://doi.org/10.25157/.v1i1.540.

##submission.downloads##

Publiée

2024-11-30