Template

 

 

Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, Vol (No), Tahun, Hal

Available online at http://jurnal.stkipm-pagaralam.ac.id/

download template

Email : stkipmuhpagaralam@gmail.com

 

TEMPLATE UNTUK MENULIS DI JURNAL PENDIDIKAN PEMUDA NUSANTARA

Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia: judul tidak lebih dari 3 baris

(berkisar 10 – 12 kata)

Nama penulis1*, Nama penulis2

(Nama ditulis lengkap tanpa menyebutkan gelar dan jabatan, berupa nama asli, bukan nama samaran)

1Institusi penulis 2Institusi

* Corresponding Author. Email: Penulis Korespondensi (Pertama)

Received: Tanggal Kirim; Revised: Tanggal Revisi ; Accepted: Tanggal Pusblish (akan diisi oleh editor jurnal)

ABSTRAK

Jurnal Pendidikan Pemuda Nnusantara adalah Jurnal ini diterbitkan oleh STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Untuk memuudahkan proses penyuntingan, para penulis disarankan untuk mengikuti petunjuk penulisan dalam artikel ini secara keseluruhan. Format dan Style yang terdapat dalam template ini sudah kami sesuaikan dengan spesifikasi yang tertulis dalam petunjuk penulisan Jurnal Pendidikan Pemuda Nnusantara, sehingga dapat digunakan sebagai template dalam penulisan naskah. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, tidak lebih dari 200 kata. Abstrak diketik dengan font Times New Roman ukuran 10 italic. Abstrak berisi : latar belakang, tujuan penelitian (aktivitas penelitian), metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Kata Kunci: minimal 3 (tiga) kata dan maksimal 5 (lima) kata

 

 

 

  1. I. PENDAHULUAN

 

Naskah ditulis dalam Bahasa indonesia dan diketik pada kertas ukuran A4 (210 mm× 297 mm) dengan spasi 1,5. Ukuran Kertas : atas: 4 cm, kiri: 4 cm, kanan: 3 cm, serta bawah: 3 cm. Jumlah halaman antara 8 sampai 20 halaman. Isi tulisan diketik dengan font Times New Roman, 11pt Normal. Judul hendaknya ringkas dan informatif menggambarkan subtansi atau isi dari tulisan karena akan digunakan dalam sistem pencarian informasi. hindari singkatan dan formula jika dimungkinkan. Nama penulis dan afiliasi hendaknya ditulis lengkap tanpa menyebutkan gelar dan jabatan di tengah bawah judul. Kata kunci hendaknya mengandung cukup informasi atau indeks dan membantu dalam penelusuran. Setiap paragraf baru harus meggunakan format paraghrap identation, special first line. Semua teks ditulis dari kiri ke kanan. Ucapan terima kasih diakhir teks, sebelum referensi. Untuk judul tabel dan keterangan yang diperlukan ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan jelas dan singkat. tabel harus diberi nomor menggunakan tanda koma (,) dan titik (.) pada angka di dalam tabel masing-masing menunjuk nilai pecahan desimal (dua angka dibelakang koma) dan kebulatan seribu. Penggunaan garis vertikal dalam tabel sebaiknya dihindari. Seperti contoh berikut:

 

 

 

 

 

 

Tabel 1. Distribusi dan Persentase Skor Hasil Belajar Matematika Siswa

          Kelas VII Al Khawarizmi SMP Negeri 1 Ma’rang

 

No

Nilai

Kategori

Frekuensi

Persentase  (%)

1

0– 54

Sangat rendah

0

0

2

55– 64

Rendah

0

0

3

65 – 74

Sedang

3

13,04

4

75 – 84

Tinggi

7

30,43

5

85 – 100

Sangat tinggi

13

55,52

 

Jumlah

 

23

100

                 Sumber: Data Primer, Tahun : 2018

 

 

Pendahuluan mencakup latar belakang, permasalahan dan rumusan masalah, serta tujuan dan mamfaat penelitian.

 

  1. II. METODE PENELITIAN
  2. A. Tempat dan  Waktu  (Sub  Bab)  
  3. 1. Survei pendahuluan  (Sub  subbab)  
  4. Variabel yang diukur (Sub sub subbab)
  5. C. Tahap pelaksanaan /Rancangan Penelitian

Prosedur pengumpulan data hendaknya dibuat ringkas tetapi cukup informatif bagi pembaca yang ingin mengulangi penelitian yang dilaporkan

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

III. HASIL DAN PEMBAHASAN

 

Hasil dan pembahasan merupakan hasil fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema sentral kajian, hasil yang diperoleh dapat berupa deskriptif naratif, angka- angka, gambar/tabel, dan suatu alat. hindari penyajian deskriptif   naratif yang panjang  lebar; gantikan dengan ilustrasi (gambar,  rumus, grafik foto, diagram, atau peta, dan lain-lain, dengan ukuran foto tinggi : 5 cm dan lebar: 8,5 cm), namun dengan penjelasan serta legenda yang mudah dipahami.

Gambar 1. Prototipe Private Teater

 

x2 + y2 = 1            (1)



Gambar 2. Diagram persentase hasil belajar  siswa yang diajar dengan metode ekpositori

 

 

Pembahasan ditulis dengan ringkas dan fokus pada interpretasi dari hasil yang diperoleh dan bukan merupakan pengulangan dari bagian hasil. Pembahasan tidak perlu membaca ulang dari grafik, tapi bisa dikelompokkan hasilnya untuk menginterpretasikan hasil dan dibahas berdasarkan teori dan  hasil penelitian terdahulu.  Apa  yang  menarik  dari hasil penelitian  ini dibandingkan sebelumnya atau apa yang menonjol dari hasil pengamatan ini.

 

  1. I KESIMPULAN DAN SARAN

 

  1. A. Kesimpulan

Kesimpulan adalah hasil dari pembahasan yang menjawab permasalahan penelitian. kesimpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh. Isi kesimpulan menggunakan huruf dan gaya paragraf yang sama dengan bagian lainnya serta menghindari penggunaan bullet atau nomor.

 

  1. B. Saran

Saran dapat  berisi rekomendasi akademik,  tindak  lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka yang dirujuk diusahakan  terbitan paling lama sepuluh tahun terakhir dengan jumlah pustaka primer (Jurnal)  minimal 80%. Buku boleh diluar dari 10 tahun terakhir asal digunakan di bab Pendahuluan sebagai pembentuk art of state. Daftar pustaka yang tertulis harus yang ada dalam artikel jurnal. Sumber dituliskan mengikuti tatacara (style) yang dituliskan oleh APA (American Psychological Association). Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan penulisan daftar pustaka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi referensi standar seperti Mendeley.

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pengutipan Sumber Primer (Jurnal)

Herawati, H., and H. Santoso. (2011). Tropical forest suscentibility to and risk of fire under changing climate: A Review of fire nature, policy and institutions in Indonesia. Forest Policy and Economics, 13(4), 227 – 233

 

Mashudi, dan Adinugraha, H.A. (2015). Kemampuan Tumbuh Stek Pucuk Pulai Gading (Alstonia Scholaris (L) R. Br.) dari Beberapa Posisi Bahan Stek dan Model Pemotongan Stek. Jurnal Penelitian Kehutanan Matematis, 4(1), 63 -69.

 

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pengutipan Buku

Bowyer,  J.L,  R.  Schmulsky.,  and  J.G.  Haygreen.  (2007).  Foresct  Products and  Wood Science: an Introduction. Iowa: Blackwell Publishing

 

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pengutipan Peraturan/ Undang-Undang

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012) Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor: 04/E/2012 tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: LIP



 

 

 

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pengutipan Skripsi/Tesis/Disertasi

Romli, Oon. (2011). Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa MAN Pandeglang Kab. Pandeglang. Bandung: Tesis FK UPI

 

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pengutipan Artikel/ Berita di Internet

Abdillah, M. (2013). Sulsel Tak Masuk 10 Besar Hasil UN SMP Tertinggi. http://rakyatsulsel.com/. Diakses pada tanggal 12 Desember 2013 Pukul 01.45 WITA.

 

  1. Contoh Penulisan Daftar Pustaka Pengutipan Makalah/Prosiding

Badrul Sekawan. (2010). Matriks untuk Sekolah Dasar. Makalah pada Seminar Pendidikan Terkini. Tanggal 23 April 2010. Samarinda: FKIP UMKL.

 

- Selamat Menulis –

 

 

 

Sekretariat Redaksi Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara

   STKIP Muhammadiyah Pagralam

 

Email :   stkipmuhpagaralam@gmail.com

chikarahayustkipm-pgaralam.ac.id  (Pengelola)

Website :  http://jurnal.stkipm-pagaralam.ac.id/