Concentrated Language Encounter (CLE) Model dalam Peningkatkan Keterampilan membaca Pemahaman dalam Bahasa Inggris

Forfattere

  • Kurnia Febianti kurnia STKIP Muhammadiyah Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v7i1.242

Nøgleord:

CLE, kemampuan membaca

Resumé

Artiikel ini menjelaskan bagaimana penggunaan CLE (Concetrated Language Learning) dalam pengajaran kemampuan membaca pemahaman siswa dalam Bahasa Inggris.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Quasi experimental design.  Populasi penelitaian ini berjumlah 309 orang siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pagaralam tahun ajaran 2023/3024, dimana 72 siswa diambil sebagai sampel yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas control.  Teknik yang digunakan dalam penelitian menggunakan test kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris dan di analisis dengan  menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahawa terdapat perbedaan signifinakan kemampuan membaca siswa dalam Bahasa Inggris yang di ajarkan dengan menggunakan CLE model di bandingkan dengan kemampuan  siswa yang tidak menggunakan CLE model. Hasil ini menunjukkan bahwa CLE Model dapat di manfaatkan sebagai alternatif model dalam proses pembelajaran membaca dalam Bahasa Inggris dan model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam Bahasa Inggris.

Referencer

Farr, R. (2013). What Kids are reading: The book reading habit of students in American school. Wiscinsin: Ranaisance learning.

Gray, B. (2014). The treager park project: developmental online. Accelerated assotiation of Australia (ALPAA). Retrived from http://www.alpaa.com.au.resources/publication

Irmawati, Nadrun dan Wulandari, S.(2021). The Students Difficulties in Comprehending Reading Text at the Eleventh Grade of SMA Negeri 6 Sigi. Jurnal Kolaboratif Sains.4(8)

Johan, A., g. (2006). Kesulitan kesulitan khusus dalam pemahaman bacaan Bahasa Inggris di pembelajar lanjut Indonesi (Typical reader problem among Indonesian advanced learner). Diksi. 13(2).

Keyser, A. (2021). Why is Reading Important?. https://www.worksheetcloud.com/blog/why-is-reading-important/

Mardia, D. (2023). Minat baca di Indonesia: Systematic literature review. Jurnal Pena Ilmiah. 10(40).

Ozoa, S. A(2000). Concretated Language Encounter (CLE) program stage 2: an effective approach for improving literacy. Retrived from http://lrmds.deped.gov.ph/detailed/57

Rattanavich, S. (2015). Concentrated language Encounter (CLE) approach in practice for global teaching of literacy: Lighthouse stretaegy implementation. International Education studies. 8(7)

Sukamwati, D & Cahyani, I. (2016). Efektivitas Model Concentrated Langauge Encounter (CLE) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa Sekolah Dasar. JPSD. 2(1)

Downloads

Publiceret

2025-03-30

Citation/Eksport

kurnia, K. F. (2025). Concentrated Language Encounter (CLE) Model dalam Peningkatkan Keterampilan membaca Pemahaman dalam Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 7(1), 88-99. https://doi.org/10.56335/jppn.v7i1.242