Peran Bung Karno dalam Pendidikan Selama Pengasingan di Bengkulu (1938 – 1942)

Auteurs

  • Hardiansyah, Lumenta Rinaldy Dalalna Nyilih, Merri Sri Hartati STKIPM Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.56335/jppn.v2i2.71

Trefwoorden:

Bung Karno, Pendidikan di Bengkulu, Peran Bung Karno

Samenvatting

Bengkulu dalam sejarahnya adalah daerah di Pantai Barat Sumatera dimana para tokoh politik di buang sebagai interniran. Salah satu tokoh yang dibuang ke daerah ini adalah Bung karno, presiden pertama Republik Indonesia. Sepak terjang Bung karno di Bengkulu menjadi sorotan oleh banyak penelitian. Namun penelitian tentang peran Bung karno selama pengasingan di Bengkulu dalam bidang pendidikan jarang sekali dikupas. Penelitian ini betujuan untuk Pertama, mengetahui kondisi pendidikan di kota Bengkulu di awal abad ke 20 dan yang kedua mengetahui peran – peran yang dimainkan oleh Bung Karno selama pengasingan khususnya dalam bidang pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan langkah – langkahnya natara lain Heuritik, kritik sumber, Interpretasi dan historiografi. Dalam penelitian ini dibedah peran Bung Karno sesuai dengan teori Ki Hajar Dewantara tentang Tri pusat pendidikan yaitu pendidikan di keluarga (informal), formal dan non formal dengan perannya masing-masing.

Referenties

Amnur, Amnah Qurniati. 2016. Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam di Bengkulu abad ke 20 Disertasi doctoral tidak diterbitkan. Yogyakarta ; UIN Sunan kalijaga

Adams, Cindy. 2014. Bung karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Jakarta : Yayasan Bung Karno

Burhan Firdaus. 1988. Bengkulu Dalam Sejarah. Jakarta : Yayasan Pengembangan Seni Budaya Nasional

Chanafiah, M. Ali. 2004. Bung Karno dalam Pengasingan di Bengkulu. Jakarta : Aksara Press

Dewantara, Ki Hajar. 1977. Karya KI Hajar Dewantara Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta : Majelis Luhur Perguruan Taman siswa

Dhont, Frank. 2005. Nasionalisme baru intelektual Indonesia tahun 1920-an. Yogyakarta : UGM Press

Fatmawati. 2016. Catatan Kecil Bersma Bung Karno. Jakarta : Yayasan Bung Karno

Goltschalk, Louis. 1975; Mengerti Sejarah : Pengantar Metode Sejarah. Diterjemahkan Nugroho Notosusanto. Jakarta : UI Press

Hardiansyah. 2020. Satu Ruang empat Zaman : Perkembangan Sosial Politik Pasar Bengkulu masa Swapraja Hingga Kemerdekaan. Makalah BIMTEK Sejarah Daring tidak diterbitkan

Ikram, M, Arsyik Wahab &Bachtiar Hosen. 1978. Sejarah Kebbangkitan Nasional Daerah Bengkulu. Jakarta : Depdikbud

Ingleson, John. 1983. Jalan Ke Pengasingan : Pergerakan nasionlis Indonesia 1927 – 1934. Jakarta : LP3ES

Ir. Soekarno. 1938 / 9 / 3. Overzicht Van De Indlandsche en Maleisch-Chinesen. 591

Karim, H. Abdul. 1982. Mengabdi Agama Nusa dan Bangsa. Jakarta : Gunung Agung

Kesuma, Indra Djaja. Tanpa tahun. Jari – Jari Bertuah. Tanpa penerbit

Lindayanti. 2006. Menuju Tanah Harapan : Kolonisasi Orang Jawa di Bengkulu. Humaniora. 3 Oktober 2006 volume 18. 297 – 311

Lubis, M. Ridwan. 2010. Sukarno dan Modernisme islam. Jakarta : Komunitas Bambu

Mestoko, Soemarsono. 1986. Pendidikan Indonesia dari Jaman ke Jaman. Jakarta : Balai Pustaka

Moehammad op het Toonel. 1934 / 7 / 19. Overzicht Van De Indlandsche en Maleisch-Chinesen Pers. 461 – 462

Pijper, G.F. 1934. Fragmenta Islamica : Studien Over Het Islamisme in Netherlandsche indie. Leiden : B.J Briil

Pili, Salim Bella & Hardiansyah. 2019. Napak Tilas Sejarah Muhammadiyah Bengkulu. Yogyakarta : Valia Pustaka

Setiyanto, Agus. 2015. Gerakan sosial masyarakat Bengkulu abad XIX : peran elite politik tradisional dan elite agama. Yogyakarta : Ombak

Soekarno. 2010. Islam Sontoloyo : Pikiran – pikiran sekitar pembaharuan pemikiran Islam. Bandung : Sega Arsy

Siddik, Abdullah. 1994. Sejarah Bengkulu 1500 – 1990. Jakarta : Balai Pustaka

##submission.downloads##

Gepubliceerd

##submission.updatedOn##

##submission.versions##

Citeerhulp

Lumenta Rinaldy Dalalna Nyilih, Merri Sri Hartati , H. (2021). Peran Bung Karno dalam Pendidikan Selama Pengasingan di Bengkulu (1938 – 1942). Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 2(2), 37-47. https://doi.org/10.56335/jppn.v2i2.71 (Original work published 24 mei 2021)