NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA

NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA

Аутори

  • Tiara tia STKIP MUHAMMADIYAH PAGARALAM

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.56335/jppn.v3i2.86

Кључне речи:

Nilai-nilai religiuis, Novel

Сажетак

Tiara Lorenza. 2021. Nilai-nilai Religius yang Terkandung dalam novel “Bidadari Berbisik “ Karya Asma Nadia. Masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai religius apa saja yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui nilai-nilai religius yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik  karya Asma Nadia. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan pendekatan sosiologis. Sumber data yang igunakan adalah novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis karya. Hasil penelitian nilai-nilai religius yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia meliputi aqidah, syariah (ibadah), akhlak. Nilai religius yang berhubungan dengan aqidah antara lain: percaya kepada Allah Swt, Keyakinan pada kitab-kitab suci, keyakinan kepada nabi dan rasul Allah, keyakinan pada hari akhir, keyakinan kepada qadha dan qadhar/ takdir. Nilai religius yang berhubungan dengan syariah/ibadah meliputi : perintah mengerjakan sholat, berdzikir, dan berdo’a kepada Allah. Nilai religius yang berhubungan dengan  akhlak meliputi: akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap saudara, akhlak terhadap sesama, dan akhlak terhadap anak yatim. Dengan demikian nilai religius yang paling sering muncul pada novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia adalah nilai religius hubungan manusia dengan Allah Swt,  

 

Kata Kunci : Nilai-nilai religiuis, Novel

 

Референце

Afrizal, M.A. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Ali, Mohammad Daud. 2013. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka.

Atmosuwito, Subijantoro. 2010. Perihal Sastra Dan Religiuitas sastra. Bandung: CV Sinar Baru.

Jayusman, Iyus. 2020. Studi deskriftif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran Edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak. Vol.7, No.1.

Lubis, Mawardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahmud, Teuku. 2018. Kemampuan Menentukan Nilai-Nilai Religius Pada

Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrahman El Shirazy olehMahasiswa PBSID Semester I STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA. Jurnal Metamorfosa, 2,1.

Mujiburrahman. 2016. Pola Pembinaan Keterampilan Sholat Anak dalam Islam. Jurnal Mudarrisuna, Vol.6, No 2.

Muhajarah, Kurnia. 2016. Konsep Doa: Studi Komparasi Konsep Doa menurut M. Quraish Shihab dan Yunan Nasution dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Hikmatuna, Vol.2, No 2

Nadia, Asma. 2020. Bidadari Berbisik. Republika Penerbit.

Nugiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rambe, Uqbatul. 2020. Konsep dan system nilai dalam perfektif Agama-agama besar di dunia. Jurnal Theosofi dan peradaban islam. Vol.2. No.1.

Raihanah. 2016. Konsep Sabar dalam Al-Quran , Jurnal Tarbiah Islamiah, Vol.6, No. 1

Rosad, Wahyu Sabilar. 2020. Pelaksanaan Shalat Dhuha daam Meningkatkan

##submission.downloads##

Објављено

2022-02-06

Bрој часописа

Секција

Articles